Wanita Butuh Vitamin D Agar Tidak Cepat Pikun

Jakarta, Berbagai penelitian telah menunjukkan betapa pentingnya asupan vitamin D, bahkan dua studi terbaru menunjukkan bahwa vitamin D mungkin menjadi nutrisi vital bagi kesehatan kognitif wanita agar tidak mengalami kepikunan lebih dini ketika mulai bertambah tua.

Para peneliti dari VA Medical Center di Minneapolis menemukan bahwa rendahnya kadar vitamin D pada wanita usia lanjut berhubungan dengan risiko yang lebih tinggi terhadap penurunan kognitif. Peneliti melakukan penelitian terhadap 6.257 wanita Amerika yang berusia paruh baya.

Peneliti mengukur kadar vitamin D pada masing-masing peserta dan kemudian Mini-Mental State Examination melakukan pengukuran kognitif peserta.

Hasilnya menunjukkan bahwa tingkat vitamin D yang sangat rendah pada wanita lanjut usia, yaitu kurang dari 10 nanogram per serum darah dikaitkan dengan kemungkinan yang lebih tinggi terhadap penurunan kognitif atau kepikunan di usia yang masih cukup muda.

Tim peneliti dari Angers University Hospital di Perancis juga mengkaji data penelitian terhadap 498 wanita lansia yang berpartisipasi dalam kelompok studi Epidemiology of Osteoporosis. Berdasarkan penelitian tersebut, wanita yang mengembangkan penyakit Alzheimer memiliki asupan vitamin D yang sangat rendah yaitu rata-rata 50,3 mikrogram per minggu.

Sedangkan wanita yang memiliki asupan vitamin D rata-rata 59,0 mikrogram per minggu lebih sehat di usia tuanya dan memiliki risiko yang rendah terhadap pikun akibat penyakit Alzheimer atau demensia.

Untuk mencegah kepikunan lebih dini di usia tua Anda, penuhilah kebutuhan vitamin D dengan mengambil suplemen, makan makanan yang diperkaya vitamin D, dan terkena paparan sinar matahari yang dapat membantu tubuh mengolah vitamin D secara alami.

Penelitian ini dipublikasikan dalam Jurnal of Gerontology Seri A: iological Sciences and Medical Sciences edisi bulan Desember 2012, seperti dikutip dari Body Science Medical, Selasa (4/12/2012)

sumber : http://health.detik.com/read/2012/12/04/082817/2108456/766/wanita-butuh-vitamin-d-agar-tidak-cepat-pikun?l992203755

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar